Berapa Bayaran Jadi Jasa Terjemahan Bahasa Jepang
Serba Serbi

Berapa Bayaran Jadi Jasa Terjemahan Bahasa Jepang?

Mungkin saat ini anda sering mendengar tentang profesi jasa terjemahan bahasa Jepang. Layaknya seperti profesi terjemahan bahasa asing lainnya, menjadi penerjemah bahasa Jepang juga cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai pekerjaan. Seiring berkembangnya waktu bidang pekerjaan ini juga memperoleh keberhasilan yang semakin besar. Apalagi dengan dukungan asosiasi atau komunitas penerjemah di Indonesia sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan skill sekaligus link dalam bidang pekerjaan ini.

Berapa Bayaran Jadi Penerjemah Bahasa Jepang?

Di sisi lain peningkatan permintaan dalam program pertukaran antar budaya juga menjadi salah satu alasan pentingnya jasa penerjemah. Jasa penerjemah sendiri didefinisikan sebagai profesi yang menerjemahkan dokumen asli ke bahasa lain dengan tetap menjaga keaslian isi dari dokumen atau teks yang diterjemahkan tersebut. Untuk jenis penerjemah sendiri dibedakan menjadi dua yaitu penerjemah lisan dan penerjemah tulisan. Keduanya biasanya memiliki jumlah bayaran yang berbeda.

Berbicara tentang bayaran, kira-kira Berapa gaji yang diterima oleh seseorang yang berprofesi sebagai penerjemah bahasa Jepang? Sebenarnya tidak ada patokan pasti berapa gaji seorang penerjemah bahasa asing termasuk bahasa Jepang. Ada yang menganggap jika mereka bekerja sebagai freelance justru gajinya lebih besar daripada yang bekerja di suatu instansi tertentu. Selain itu bayaran juga seringkali tergantung dari berapa pekerjaan yang diselesaikan. Kisaran gaji pada jenis penerjemahan lisan juga lebih besar daripada penerjemah tulisan.

Namun apabila dikira-kira atau dirata-rata berdasarkan beberapa riset, gaji mereka yang bekerja di jasa penerjemahan bahasa Jepang maupun yang bekerja secara freelance atau mandiri memperoleh bayaran sekitar 5 juta perbulan. Bayaran ini adalah untuk kelompok mereka yang masih fresh graduate atau belum berpengalaman atau belum memiliki jam terbang yang tinggi. Sedangkan untuk mereka yang sudah profesional berpengalaman maka bayarannya bisa mencapai 7 juta – 8 juta per bulan.

Baca juga : Anti-Mainstream! Traveling ke Pantai Tersembunyi Tanpa Keramaian di Bali

Besaran gaji tersebut juga seringkali tergantung dari tingkat pendidikan dari individu. Menurut riset, pagi penerjemah yang sudah meninggal sedang pendidikan S1 dan berpengalaman kerja serta memiliki sertifikat tentunya memiliki peran yang lebih tinggi daripada yang masih pemula. Melihat dari penjelasan tersebut tentunya profesi ini memang tidak bisa di pandang sebelah mata. Terlebih dengan banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia, yang justru semakin memperluas lapangan pekerjaan bagi mereka yang ingin menjadi jasa penerjemah bahasa Jepang.

Hingga saat ini ini jasa terjemahan bahasa Jepang masih memiliki peluang yang cukup tinggi. Belum lagi dengan minimnya pesaing atau kompetitor dimana masih sedikit yang berminat untuk mendalami bahasa Jepang. Banyak lulusan yang lebih berminat untuk mendalami bahasa Inggris karena dianggap sebagai bahasa internasional. Untuk itu profesi sebagai penerjemah bahasa Jepang masih bisa dibilang cukup menjanjikan di masa depan. Dibilang cukup menjanjikan di masa depan.

Avatar
admin
Hallo Salam Kenal, Saya Tommy Wongso dan saat ini menetap di Bali. Senang sekali bisa berbagi informasi yang saya ketahui tentang Bali. Jangan sungkan untuk bertanya ya kawan :)